FAQ Frequently Asked Question...

Jawab: Semua jadwal KA Prambanan Ekspres sudah kami publish dengan lengkap disini, silahkan pilih nama stasiun yang ada untuk melihat detail jadwal. Jadwal tiap hari tetap atau sama selama tidak ada perubahan resmi dari PT KAI. Tiap ada perubahan jadwal dari KAI akan langsung kami update di web ini paling lambat 1x24 jam sejak pengumuman. Estimasi waktu kedatangan pada stasiun tujuan/yang dilewati dan harga tiket hanya ditampilkan pada jadwal keberangkatan terdekat tiap stasiun yang dipilih. Rata-rata waktu tempuh dari Solo Balapan ke Tugu Jogjakarta sekitar 1 jam 15 menit.

Untuk Hari H keberangkatan (Go Show), pembelian tiket sudah bisa dilakukan mulai 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Untuk jadwal paling pagi loket sudah buka mulai jam 4.00 WIB. Tiket hanya bisa digunakan untuk naik dari stasiun tempat pembelian tiket. Tiket hanya bisa dipakai pada jam keberangkatan sesuai yang tertera pada tiket, tiket hangus jika Anda ketinggalan kereta. Harga tiket berlaku untuk semua umur (balita sudah dikenakan).
Untuk Keberangkatan terencana, tiket prameks bisa dipesan sejak H-7 hari keberangkatan. Pemesanan dapat dilakukan di semua loket reservasi stasiun yang dilewati Prameks. Hanya melayani reservasi secara langsung (off-line) menggunakan form reservasi yang tersedia di sekitar loket reservasi. Pemesanan tiket dilayani dari jam.9 pagi sampai jam 4 sore. Pastikan Anda datang pagi untuk menghindari antrian yang panjang (pastikan Anda mengambil nomor antrian reservasi).

KA Prambanan Ekspress tidak ada nomor kursi alias berebutan (siapa cepat dia dapat), tapi saran kami tetap perhatikan kepentingan golongan Manula dan Bumil. KA Prameks yang berwarna kuning tidak ada AC dan toilet, untuk sirkulasi udara mengandalkan angin dari blower dan jendela. Sedangkan KA Prameks yang berwarna merah atau Grafiti ada AC dan toiletnya. Walaupun demikian tidak ada jadwal pasti kereta mana yang beroperasi pada jadwal keberangkatan yang ada.
Penuh tidaknya atau ramai tidaknya pengguna kereta sering tergantung pada situasi dan kondisi seperti jam-jam sibuk masuk kuliah/kerja (biasanya jadwal sebelum jam 8 pagi dan terlebih lagi pada Senin pagi), waktu liburan baik libur akhir pekan terlebih lagi saat ada libur panjang (kondisi ini bisa ramai/penuh pagi sampai sore, puncaknya saat petang), dan kondisi lain yang kadang tidak bisa diprediksi. Tapi biasanya pada hari biasa/hari kerja dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore masih terbilang longgar.

Jika tujuan Anda Solo, anda bisa turun stasiun Purwosari atau Solo Balapan, dilanjutkan naik Batik Solo Trans (BST) dari halte Koridor 2 dan Koridor 6 di depan Stasiun, trayek BST selengkapnya dapat dilihat Disini.
Jika tujuan Anda Jogja, anda bisa turun di stasiun Maguwo dan Lempuyangan, dilanjutkan dengan naik Trans Jogja dari halte 1A/1B dan 3A/3B di depan stasiun, trayek Trans Jogja selengkapnya dapat dilihat Disini.

Sebenarnya web ini hanya menampilkan info KA lokal Solo-Jogja saja, tapi kami akan memberikan alternatif menggunakan KA Kalijaga.
Jika Anda dari Jogja mau ke Semarang sepertinya jadwal KA lokal tidak support karena KA dari Jogja paling pagi/awal jam 05.30 WIB sedangkan KA Kalijaga berangkat dari St.Balapan jam.05.20WIB. Sepertinya Anda harus naik bis untuk rute ini.
Tetapi, beda jika Anda dari Semarang mau ke Jogjakarta, Anda bisa naik KA Kalijaga dari St.Poncol jam 8.45 WIB atau St.Tawang jam 8.55 dan sampai di St.Balapan jam 11.27 WIB. Kemudian Anda bisa melanjutkan ke Jogja menggunakan KA Prameks jam.12.10 WIB, tentunya ini efektif jika asal dan tujuan dekat dengan Stasiun-stasiun tersebut. Estimasi Semarang-Solo 2,5jam sedangkan Solo-Jogja 1jam, sehingga total waktu perjalanan sekitar 3.5jam.

Recent Posts prameks getaway...

Festival of Lights Kaliurang, The Dragon Castle

Malam mulai menyelimuti wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, seolah tidak ada kata capek setelah seharian...more

Candi Sambisari, Remains of Ancient Mataram

Setelah berpanas-panasan di Tebing Breksi, karena mulai kelaperan prameks getaway melanjutkan perjalanan ke Soto...more

Tebing Breksi, The Lost Petra of Java

Berbekal informasi seadanya dari teman tentang sebuah obyek fotografi yang sedang naik daun di Yogyakarta,...more

Festival Payung Indonesia, Sky Umbrella

Prameks.com. Pramekers sungguh beruntung karena sering dimanjakan dengan banyak event kelas nasional bahkan...more